Selasa, 10 Januari 2023

7 Cara Mengatasi Laptop Windows yang selalu Not Responding

Tidak sedikit pengguna Laptop Windows yang sangat sering mendapatkan masalah not responding. Bahkan yang paling menjengkelkan adalah jika Laptop tersebut menjadi not responding saat sedang sangat dibutuhkan. Kalau anda mengalami masalah yang demikian, maka silahkan tahu apa penyebab Laptop menjadi lemot dan sering sekali not responding. Not responding pada Laptop sering sekali terjadi salah satu penyebabnya bisa karena cache dan juga file sampah yang terlalu banyak. Cache dan file sampah tersebut akan menambah beban kerja RAM dan Hardisk. Akibatnya, Laptop akan menjadi lemot dan menjadi not responding saat sudah tidak sanggup menjalankan program yang anda buka. Kemungkinan lain yang bisa membuat Laptop atau Komputer anda sering not responding adalah karena OS Windows yang digunakan mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa terjadi karena file system yang corrupt sehingga OS tidak bisa bekerja dengan baik. Selain itu, faktor terbesar yang bisa menimbulkan kerusakan pada sistem operas i Windows adalah karena serangan virus. Sistem Windows yang sudah terkena virus akan membuat Laptop tidak bisa bekerja dengan normal, dan salah satu akibatnya adalah selalu terjadi not responding.

Cara lain untuk mengangkat debunya, kamu bisa gunakan selotip ke sela-sela keyboard. Pastikan selotip yang digunakan masih keadaan lengket. Jika tiba-tiba seluruh keyboard tidak merespon, kemungkinan masalahnya ada di software/driver. Coba restart laptop kamu, mungkin hal ini sudah cukup untuk memperbaikinya. Namun jika belum teratasi dengan cara tersebut, kemungkinan terjadi eror sehingga perangkat keras yang terhubung dengan laptop tersebut tidak berfungsi seperti seharusnya. Jika keyboard kamu berhenti bekerja setelah melakukan instalasi setiap aplikasi baru atau mengubah pengaturan, cobalah restore Windows kamu. Kemungkinan besar ini akan memecahkan masalah. Setelah perintah di atas dilakukan, otomatis laptop kamu akan melakukan reboot. Jika itu semua terjadi karena kerusakan sis tem, seharusnya dengan cara tersebut keyboard akan berfungsi kembali. Jika memiliki segitiga kuning di atasnya dengan tanda seru di dalamnya, itu berarti ada masalah. Kamu harus segera mengupdate driver keyboard di website resmi produsen laptop kamu. Jika semua cara di atas telah kamu coba dan tidak ada hasil atau tidak bekerja, berarti masalah terjadi pada hardware laptop kamu. Sebaiknya segera membawa laptop kamu ke service center resmi agar cepat diperbaiki. Namun, jika masalah yang terjadi cukup berat pada laptop kamu, biaya yang dibutuhkan juga cukup mahal. Maka kamu perlu berpikir lagi untuk memperbaiki atau membeli perangkat baru. Kata Ahli Gizi Soal Diet dengan Minum Jus Detoks, Amankah? Rian Ngaku Dipecat Tanpa Pesangon, Haji Haryanto: Itu Nggak Benar!

Untuk Windows 7, klik kanan pada desktop - klik personalize - di kolam theme, geser ke bawah dan pilih theme windows classic - ok. Dan untuk windows 8 keatas, penggunaan theme klasik memang masih menggunakan fitur aero. Sehingga kamu bisa mencoba lebih mengurangi widget yang ada pada desktop. Masalah lainnya yang bisa menyebabkan laptop menjadi lambat adalah saat terjadi permasalahan pada bagian hardware laptop. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika permasalahan pada hardware dapat mengakibatkan kinerja laptop lemot. Misalnya saja yang terjadi pada bagian fan laptop. Biasanya akan terdengar suara putaran yang tidak terdengar seperti biasanya, seperti suara agak tersendat dan keras. Pemakaian sebentar saja, bisa menyebabkan laptop mudah panas dan lemot. Jika kamu mengalami hal ini kamu bisa mencoba untuk membongkar pada bagian tersebut. Biasanya tumpukan debu yang tebal menyebbakan fan menjadi bersamalah. Kamu bisa membersihkan debu-debu yang menempel pada fan laptop dan nantinya putaran laptop dapat kembali normal.

Untuk mengatasi hal tersebut baiknya laptop/komputer dibersihkan secara berkala minimal 3 bulan sekali dengan cara membongkar casing komputer dam mambersihkan nya dengan kuas. 2. tetapi harap hati hati jika menggunakan vacum cleaner/blower untuk menyedot /meniup lubang kipas, karena kipas akan berputar dan menghasilkan listrik yang mengaliri mainboard kamu dan bisa rusak. Jika laptop kamu digunakan untuk main games,baiknya dibelikan pendingin tambahan agar laptop kamu tidak terlalu panas,karena laptop biasa (bukan gaming laptop) tidak akan mampu mendingin kan dendan optimal,karena memang tidak dirancang untuk bermain game berat . Perlu dipertimbangkan untuk meng upgrade HDD ke SSD,karena akses baca dan tulis SSD luar biasa cepatnya, pada umumnya kecepatan baca tulis HDD adalah 85MBps sedangkan SSD bisa mencapai 300MBps, kecepatan baca dan tulisa ini sangat berimbas pada performa komputer.Komputer akan sangat cepat ketika booting (kurang dari 30detik) dan membuka aplikasi . SSD mahal? memang SSD relatif mahal dibanding HDD,tetapi dijamin gak rugi dengan penigkatan performa yang didapat, utnuk menghemat biaya,beli SSD sesuai kebutuhan saja,SSD hanya untuk menaruh sistem operasi ,file aplikasi dan games agar saat loading super cepat,sedangkan file dokumen (video,music,gambar dll) ditaro di HDD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar