Selasa, 10 Januari 2023

Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Efektif dan Efisien

Hal ini jika terjadi pada saat mengerjakan tugas atau bekerja, tentu sangat mengganggu serta menghambat kinerja anda. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan laptop anda menjadi bermasalah serta bagaimana cara mengatasinya. Sebelum mencari cara mengatasinya, anda terlebih dahulu harus mengetahui apa yang menyebabkan laptop anda menjadi bermasalah. Masalah pertama yang menyebabkan laptop anda menjadi hang adalah adanya virus di dalam perangkat anda. Kebanyakan virus dapat merusak sistem Windows yang anda miliki. Sebagai solusi, anda dapat menginstall software antivirus yang powerfull seperti Avast, Eset Security, Bitdefender, dan lain sebagainya. Adanya panas yang berlebih pada CPU atau processor serta VGA dapat mengakibatkan kinerja laptop anda menjadi lambat. Hal ini akan membuat software atau sistem menjadi error, macet, hang, atau not responding. Mengenai cara mengatasi laptop hang, anda dapat membersihkan debu yang terdapat pada kipas atau biasa disebu t dengan heatsink. Selain itu juga, anda harus mengecek kondisi prosesor, pastikan prosesor perangkat anda dalam kondisi yang baik.

CRT jika output berupa monitor (VGA) port, atau HDTV jika output berupa HDMI. LCD. kalau ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL), atau kabel fleksibelnya. HP TX1000, seri Sony Vaio VGN, dan seri lainnya yang kebanyakan memakai nVidia seri 8400 dan 8600. nVidia seri GeForce 8400 dan GeForce 8600 keluaran sekitar tahun 2008 a terkenal paling sering rusak setelah digunakan antara 2 sampai 4 tahun, hal ini memang karena ada kesalahan produksi. Vidia sudah memperbaikinya untuk produk-produknya yang baru. Kerusakan chipset VGA umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated semisal dari nVidia atau Ati. VGA dari Chipset integrated misal VGA Intel sangat jarang terjadi, kerusakan VGA yang terjadi berbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPU nya. HELP untuk diketahui bagian mana di panel LCD laptop anda yang mengalami kerusakan sehingga bisa diperbaiki atau diganti komponennya.

Alasan kedua adalah karena program yang terlalu banyak sehingga program tersebut menyita memory RAM. Kadang ada beberapa program yang tidak sedang kamu jalankan tapi berjalan di latar belakang contohnya antivirus. Sehingga membuat laptop kamu lelet kemudian ngehang karena RAM yang terbatas. Hardisk tipe lama masih menggunakan piringan baja untuk menjalankan program. Piringan baja itu adalah nyawa dari si hardisk untuk menyimpan semua data pengguna. Kalau seandainya piringan baja tersebut lecet, atau kesehatan hardisk kamu menurun, maka kemampuannya membaca program atau menjalankan program akan berkurang. Tips dari kami selalu lakukan disk defragment agar posisi file bisa saling berdekatan dengan lainnya sehingga lebih cepat saat dibaca. Masalah yang paling umum terjadi saat laptop hang adalah karena bersarangnya berbagai macam v irus, malware, atau sejenisnya. Virus yang menjangkiti laptop kamu bisa membuat banyak program berjalan sendiri dan bahkan bisa menghilangkan file-file yang ada di laptop kamu. Lakukan scanning virus secara rutin dan hindari colok flashdisk atau mendownload file-file dari sumber yang tidak kredibel. System Files merupakan tempat dimana semua file yang mendukung sebuah program berkumpul.

File sampah/ temporary yang menumpuk. File sampah seperti file cache, cookies, serta file temporary lainnya yang tidak dihapus akan membuat penyimpanan disk penuh. Dan jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan sistem tidak bekerja dengan baik. Adanya program yang berjalan di startup. Jika Anda merasa proses booting Windows terasa lambat, mungkin saja ada program yang berjalan di startup. Anda bisa mengaturnya melalui Task Manager jika tidak ingin program tersebut berjalan di startup (ketika komputer dinyalakan). Hard disk penuh. Hard Disk penuh juga dapat membuat suatu proses berjalan lebih lambat. Untuk itu, pastikan local disk Anda tidak berwarna merah (khususnya bagian sistem operasi). Untuk mengatasi masalah laptop / komputer yang lemot/ lelet, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Ada beberapa bagian yang bisa Anda otak-atik agar performa laptop terasa lebih baik dan lebih ringan ketika digunakan untuk beraktivitas. Tutorial ini saya buat pada Windows 10, jika Anda menggunakan versi OS Windows yang lebih rendah (Windows 8, Windows 7, dan Windows XP), silakan lakukan penyesuaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar